Minggu, 14 Januari 2018

Forecasting (Peramalan) Dalam Bisnis Retail Dan Online

Tugas 4 : Forecasting (peramalan) dari bisnis retail dan bisnis online

PENGANTAR BISNIS





NAMA  :
Jodi Giovanni T


NPM      :
23217063


KELAS    :
1EB04


DOSEN PEMBIMBING    :
Fitria


UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2017/2018







KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunianya saya dapat menyelesaikan makalah ini. 

Saya sangat berharap makalah ini dapat bermanfaat dalam rangka menambah pengetahuan juga wawasan tentang apa itu forecasting /peramalan dari bisnis retail dan bisnis online.

Saya pun menyadari bahwa di dalam makalah ini masih terdapat banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Mudah-mudahan makalah sederhana ini dapat dipahami oleh semua orang khususnya bagi para pembaca. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya jika terdapat kata-kata yang kurang berkenan.




KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

1.2 Latar Masalah

1.3 Tujuan masalah

BAB II. PEMBAHASAN

BAB III. KESIMPULAN

BAB IV. REFERENSI





BAB I

PEMBAHASAN

1.1 Latar Belakang
bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Seseorang yang menjalankan bisnis harus bisa memprediksi untung atau ruginya bisnis yang ia jalankan di masa mendatang

1.2 Latar Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan bisnis retail dan bisnis online?
2. Apa yang dimaksud dengan forecasting/peramalan?
3. Apa tujuan dan fungsi forecasting/peramalan?
4. Jenis-jenis forecasting/peramalan?
5. Bagaimana bisnis retail dimasa mendatang?
6. Bagaimana bisnis online di masa mendatang?

1.3 Tujuan Masalah
1. Mengetahui apa itu bisnis online dan retail
2. Mengetahui apa yang di maksud forecasting
3. Mengetahui tujuannya dan fungsi forecasting
4. Mengetahui jenis-jenis forecasting
5. Dapat memprediksi bisnis retail dan online di masa yang mendatang
BAB II
Pembahasan
Bisnis retail adalah satu cara pemasaran produk meliputi semua aktivitas yang melibatkan penjualan barang secara langsung ke konsumen akhir untuk penggunaan pribadi dan bukan bisnis. 
Bisnis online merupakan segala jenis kegiatanbisnis yang dilakukan secara online (melalui internet).
Forecasting atau ramalan adalah suatu teknik analisa perhitungan yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif maupun kuantitatif untuk memperkirakan kejadian dimasa depan dengan menggunakan referensi data-data di masa lalu. Peramalan bertujuan untuk memperkirakan prospek ekonomi dan kegiatan usaha serta pengaruh lingkungan terhadap prospek tersebut.

Peramalan atau Forecasting merupakan bagian terpenting bagi setiap perusahaan ataupun organisasi bisnis dalam setiap pengambilan keputusan manajemen. Peramalan itu sendiri bisa menjadi dasar bagi perencanaan jangka pendek, menengah maupun jangka panjang suatu perusahaan. Di dalam sebuah peramalan (forecasting) dibutuhkan sedikit mungkin kesalahan (error) di dalamnya. Agar dapat meminimalisir tingkat kesalahan tersebut, maka akan lebih baik jika peramalan tersebut dilakukan dalam satuan angka atau kuantitatif.

Pengertian atau definisi peramalan atau forecasting dari beberapa sumber buku:

·                     Menurut Nasution dan Prasetyawan (2008:29), peramalan adalah proses untuk memperkirakan beberapa kebutuhan di masa datang yang meliputi kebutuhan dalam ukuran kuantitas, kualitas, waktu dan lokasi yang dibutuhkan dalam rangka memenuhi permintaan barang ataupun jasa.
·                     Menurut Sumayang (2003:24), peramalan adalah perhitungan yang objektif dan dengan menggunakan data-data masa lalu, untuk menentukan sesuatu di masa yang akan datang. 
·                     Menurut Supranto (2000), ramalan merupakan dugaan atau perkiraan mengenai terjadinya suatu kejadian atau peristiwa di waktu yang akan datang. Ramalan bisa bersifat kualitatif, artinya tidak berbentuk angka dan bisa bersifat kuantitatif, artinya berbentuk angka, dinyatakan dalam bilangan. 
·                     Menurut Heizer dan Render (2009:162), peramalan (forecasting) adalah seni dan ilmu untuk memperkirakan kejadian di masa depan. Hal ini dapat dilakukan dengan melibatkan pengambilan data historis dan memproyeksikannya ke masa mendatang dengan suatu bentuk model matematis. Selain itu, bisa juga merupakan prediksi intuisi yang bersifat subjektif. Atau dapat juga dilakukan dengan menggunakan kombinasi model matematis yang disesuaikan dengan pertimbangan yang baik dari seorang manajer.
·                     Menurut Murahartawaty (2009:41), peramalan adalah penggunaan data masa lalu dari sebuah variabel atau kumpulan variabel untuk mengestimasi nilainya di masa yang akan datang. Jika kita dapat memprediksi apa yang terjadi di masa depan maka kita dapat mengubah kebiasaan kita saat ini menjadi lebih baik dan akan jauh lebih berbeda di masa yang akan datang. Hal ini disebabkan kinerja di masa lalu akan terus berulang setidaknya dalam masa mendatang yang relatif dekat.


Tujuan dan Fungsi Peramalan (Forecasting) 
Fungsi peramalan atau forecasting terlihat pada saat pengambilan keputusan. Keputusan yang baik adalah keputusan yang didasarkan atas pertimbangan apa yang akan terjadi pada waktu keputusan itu dilaksanakan. Apabila kurang tepat ramalan yang kita susun, maka masalah peramalan juga merupakan masalah yang selalu kita hadapi (Ginting, 2007).

Menurut Heizer dan Render (2009:47), peramalan atau forecasting memiliki tujuan sebagai berikut:

1.                 Untuk mengkaji kebijakan perusahaan yang berlaku saat ini dan dan di masa lalu serta melihat sejauh mana pengaruh di masa datang. 
2.                 Peramalan diperlukan karena adanya time lag atau delay antara saat suatu kebijakan perusahaan ditetapkan dengan saat implementasi. 
3.                 Peramalan merupakan dasar penyusutan bisnis pada suatu perusahaan sehingga dapat meningkatkan efektivitas suatu rencana bisnis.


Jenis-jenis Peramalan (Forecasting) 
Berdasarkan horizon waktu, peramalan atau forecasting dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

1.                 Peramalan jangka panjang, yaitu yang mencakup waktu lebih besar dari 18 bulan. Misalnya, peramalan yang diperlukan dalam kaitannya dengan penanaman modal, perencanaan fasilitas dan perencanaan untuk kegiatan litbang.
2.                 Peramalan jangka menengah, yaitu mencakup waktu antara 3 sampai 18 bulan. Misalnya, peramalan untuk perencanaan penjualan, perencanaan produksi dan perencanaan tenaga kerja tidak tetap.
3.                 Peramalan jangka pendek, yaitu mencakup jangka waktu kurang dari 3 bulan. Misalnya, peramalan dalam hubungannya dengan perencanaan pembelian material, penjadwalan kerja dan penugasan karyawan.

Berdasarkan fungsi dan perencanaan operasi di masa depan, peramalan atau forecasting dibagi menjadi tiga jenis, yaitu (Heizer dan Render, 2009:47):

1.                 Peramalan ekonomi (economic forecast), peramalan ini menjelaskan siklus bisnis dengan memprediksi tingkat inflasi, ketersediaan uang, dana yang dibutuhkan untuk membangun perumahan dan indikator perencanaan lainnya. 
2.                 Peramalan teknologi (technological forecast), peramalan ini memperhatikan tingkat kemajuan teknologi yang dapat meluncurkan produk baru yang menarik, yang membutuhkan pabrik dan peralatan yang baru. 
3.                 Peramalan permintaan (demand forecast), adalah proyeksi permintaan untuk produk atau layanan perusahaan. Proyeksi permintaan untuk produk atau layanan suatu perusahaan. Peramalan ini juga disebut peramalan penjualan yang mengendalikan produksi, kapasitas, serta sistem penjadwalan dan menjadi input bagi perencanaan keuangan, pemasaran, dan sumber daya manusia.

Berdasarkan jenis data ramalan yang disusun, peramalan dibagi menjadi dua jenis, yaitu (Saputro dan Asri, 2000:148):

1.                 Peramalan kualitatif, yaitu peramalan yang didasarkan atas data kualitatif pada masa lalu. Hasil ramalan yang dibuat sangat tergantung pada orang yang menyusunnya. Hal ini penting karena peramalan tersebut ditentukan berdasarkan pemikiran yang bersifat intuisi, pendapat, dan pengetahuan serta pengalaman dari penyusunnya. Biasanya peramalan secara kualitatif ini didasarkan atas hasil penyelidikan, seperti pendapat salesman, pendapat sales manajer pendapat para ahli dan survey konsumen. 
2.                 Peramalan kuantitatif, yaitu peramalan yang didasarkan atas data penjualan pada masa lalu. Hasil peramalan yang dibuat sangat tergantung pada metode yang dipergunakan dalam peramalan tersebut. Penggunaan metode yang berbeda akan diperoleh hasil yang berbeda pula.

Berdasarkan sifat penyusunannya, peramalan dibagi menjadi dua jenis, yaitu (Ginting, 2007)

1.                 Peramalan subjektif, yaitu peramalan yang didasarkan atas perasaan atau intuisi dari orang yang menyusunnya. 
2.                 Peramalan objektif, yaitu peramalan yang didasarkan atas data yang relevan pada masa lalu, dengan menggunakan teknik-teknik dan metode-metode dalam penganalisaan data tersebut.

Bagaimana perkembangan bisnis retail di masa mendatang?
Industri ritel diprediksi terus meningkat tiap tahunnya dan dipandang sebagai industri yang menguntungkan untuk segala jenis usaha ritel seperti Food Retailer (Supermarket dan Convenience Store), General Merchandise Retailer (Department Store) dan Nonstore Retailer (E Commerce). Meningkatnya industri ritel di Indonesia disebabkan oleh;
1.     Struktur demografi Indonesia yang didominasi penduduk usia muda yang akan meningkatkan jumlah tenaga kerja produktif dengan disposable income dan kebutuhan yang juga makin tinggi
2.     Perubahan gaya hidup dan pola konsumsi masyarakat Indonesia
3.     Jumlah kelas berpendapatan menengah yang terus bertambah

Bagaimana bisnis online di masa mendatang?
Seiring perkembangan jaman proses jual beli tidak hanya dilakukan dengan membuka toko saja tetapi juga bisa dilakukan dengan media elektronik. Bisnis online adalah salah satu bentuk jual beli yang menggunakan media elektronik. Bisnis online kini semakin berkembang karena kebutuhan atas kegiatan jual beli pun semakin banyak,  Bisnis online kini menjadi pilihan bagi masayarakat karena kemudahan dan kenyamanannya dalam proses jual beli, artinya orang tidak  perlu keluar ke pusat pertokoan untuk membeli barang,karena proses jual beli ini bisa dilakukan dikamar dengan bantuan koneksi internet.
 Menurut saya, bisnis online akan terus berkembang secara pesat kedepannya, baik itu dari segi cara berbelanja, cara melakukan transaksi pembayaran, aplikasi; situs/website, dan lain-lain.  Hal tersebut dikarenakan perkembangan teknologi yang terus berkembang yang membuat segalanya menjadi lebih praktis, yang turut membuat pola hidup masyarakat menjadi tidak mau repot dan membuang-buang waktu untuk berbelanja. Selain itu, bisnis online juga membuka peluang berbisnis yang cukup menjanjikan, karena seperti hal yang sudah saya sebutkan di atas, berbelanja online sudah sangat digemari masyarakat jaman sekarang 


BAB III
Kesimpulan

Seseorang yang menjalankan suatu bisnis mau bisnis retail ataupun online . ia harus bisa mempredeksi untung atau ruginya bisnis yang ia jalanin di masa yang akan datang.


BAB IV
Referensi


1 komentar: